Merawat kondisi aki kering mobil memang terbilang sangat penting dilakukan, terlebih bagian aki mobil merupakan salah satu bagian yang vital pada sebuah mobil. Namun, ternyata ada cara mudah untuk melakukan perawatannya, loh.
Baterai sebagai sumber listrik pada mobil atau yang biasa disebut aki adalah komponen vital lantaran fungsinya sebagai sumber kelistrikan utama. Untuk itu, aki wajib dilakukan perawatan berkala, termasuk menjaga voltase atau tegangannya agar tetap stabil.
Untuk menjaga performa aki agar tetap optimal salah satunya adalah dengan rutin memanaskan mobil. Pasalnya rutinitas ini akan membuat arus tegangan pada aki untuk bergerak memasok daya pada komponen kelistrikan di mobil.
Selain itu, proses memanaskan kendaraan juga akan memberi pasokan tegangan ke aki sehingga mencegah terjadinya kurang daya.
Periksa secara berkala.
Pastikan tidak ada karat pada terminal yang dapat berimbas pada berkurangnya tegangan aki. Untuk aki basah, pastikan juga air aki selalu sesuai dengan ukuran karena air aki berfungsi menghantarkan arus listrik.
Melakukan pengisian ulang.
Jika Anda menggunakan jenis aki kering atau maintenance free, maka cara menjaga voltase adalah dengan melakukan pengisian ulang (charging) kalau tegangannya sudah di bawah 12 volt. Namun, pada praktiknya, terkadang perlu melakukan pergantian aki secara keseluruhan jika memang sudah tidak bisa menyimpan daya.
Hindari Beban Aki Berlebih.
Aki memiliki beban daya sesuai kapasitasnya, usahakan tidak memberikan beban berlebih pada aki seperti memasang perangkat yang membutuhkan beban listrik terlalu banyak.
Dengan menghubungkan anda langsung dengan ponsel sales consultant kami. Sederhana, aman dan nyaman, Kami adalah cara digital untuk mendapatkan konsultasi Anda tentang produk terbaru.
Honda Accord |
|
RS e:HEV | IDR 948.100.000 |
Honda BR-V |
|
S MT | IDR 321.000.000 |
E MT | IDR 339.900.000 |
E CVT N7X | IDR 352.500.000 |
PRESTIGE N7X | IDR 374.200.000 |
HS PRESTIGE N7X | IDR 394.300.000 |
Honda Brio |
|
Satya S MT | IDR 186.300.000 |
Satya E MT | IDR 198.500.000 |
Satya E CVT | IDR 215.400.000 |
RS MT | IDR 259.500.000 |
RS CVT | IDR 269.600.000 |
RS MT TT | IDR 262.000.000 |
RS CVT TT | IDR 272.100.000 |
Honda City Hatchback |
|
RS MT | IDR 363.500.000 |
RS CVT | IDR 373.500.000 |
RS HS CVT | IDR 392.400.000 |
Honda Civic RS |
|
RS CVT | IDR 631.800.000 |
Honda Civic Type R |
|
2.0 MT | IDR 1.449.800.000 |
Honda CR-V |
|
1.5 TURBO | IDR 746.800.000 |
RS e:HEV | IDR 811.800.000 |
Honda HR-V |
|
1.5L S CVT | IDR 401.700.000 |
1.5L E CVT | IDR 422.500.000 |
1.5L E CVT TT | IDR 425.000.000 |
1.5L SE CVT | IDR 443.400.000 |
1.5L E CVT TT | IDR 445.800.000 |
1.5T RS CVT | IDR 561.000.000 |
1.5T RS CVT TT | IDR 563.500.000 |
Honda WR-V |
|
E MT | IDR 289.300.000 |
E CVT | IDR 299.500.000 |
RS CVT | IDR 319.400.000 |
RS HS CVT | IDR 321.900.000 |
RS CVT TT | IDR 339.500.000 |
RS HS CVT TT | IDR 342.000.000 |